Pertemuan ke 2

Sangat disayangkan ketika memberi info ada materi baru itu saat zoom dimulai, saya juga jadi telat baca dan mendengar kajiannya.

(Listening) Catatan Saya

Ada minimum umur untuk menyembelih qurban, untuk unta min 5 tahun, Sapi min 2 tahun, Kambing min 1 tahun. Syarat untuk qurban gabungan adalah untuk sapi itu 7 orang dan kambing 1 orang. Untuk menyembelih qurban pasti ada syarat bebas dari cacat / aib dan hewan qurban yang sah adalah dibeli dengan benar.

Ada 4 tipe cacat
- Picek matanya, tidak bisa lihat
- Sakit parah
- Pincang kakinya
- Lanjut usia

Waktu untuk menyembelih adalah usai sholat idul adha dan paling utama pada tanggal 10, sembelih pada malam hari juga boleh dan tentunya di tanah yang lapang. Ketika sembelih berbaiklah kepada hewannya, jangan ditendang2 atau memaki2, tajamkan pisaunya, jauhkan hewan2 lain ketika sembelih (karena hewan juga punya perasaan) dan tidak lupa untuk membaca bismillah.

Pertanyaan : Ketika patungan untuk beli sapi dan masing2 sapi harganya berbeda yaitu satu 22jt dan satu 20 jt. Sisanya sebaiknya gmn?
Jawaban : ketika patungan dengan masing2 3jt, dan sapinya berharga 22jt berarti panitia harus meminta kekurangan untuk menambah kekurangan dari masing2 yang patungan. ketika patungan dengan masing2 3jt, dan sapinya berharga 20jt berarti panitia harus membalikan uang sisanya ke masing2 orang yang patungan itu.

Pertanyaan : Yang mana yang harus didahulukan Aqiqah atau qurban ?
Jawaban : Untuk yang bercukupan 2 2nya kalo untuk yang tidak bercukupan kalo bisa qurban karena waktunya terbatas.

Pertanyaan : Hutang untuk berqurban ? tidak perlu, yang wajib adalah ketika kita punya tabungan dengan nilai qurban dan tidak menggangu pengeluaran lain maka berqurbanlah.

(Shared) Berjuang Dalam Menuntut Ilmu

🌿 Deskripsi singkat: Para ulama terdahulu rela menempuh perjalanan jauh dan melakukan safar begitu lama dengan tujuan ingin mendapatkan satu hadits saja. Bagaimana dengan kita yang telah diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu dengan adanya teknologi? Apakah kita memaksimalkannya atau justru menyia-nyiakannya?

🌿 Ada hadits shahih yang sudah disebutkan dalam Sunan Abi Daud (No.3641) dan haditsnya shahih, dari Katsir bin Qais, ia berkata, Aku pernah duduk bersama Abu Darda’ di Masjid Damasqus, lalu datang seorang pria yang lantas berkata, “Wahai Abu Darda’, Aku sungguh datang dari kota Rasul ﷺ (Madinah Nabawiyah) karena ada suatu hadits yang telah sampai padaku di mana engkau meriwayatkannya dari Rasulullah ﷺ. Aku datang untuk maksud mendapatkan hadits tersebut.

🌿 Abu Darda’ lantas berkata, sesungguhnya aku pernah mendengar Nabi ﷺ bersabda,

‎مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

🌿 Dari kisah ini kita menjadi tahu bahwa orang ini rela menempuh jarak yang begitu jauh dari Madinah hingga ke Damasqus (saat ini Suriah) yang berjarak sekitar 1800 km. Rela menempuh safar yang begitu lama dengan tujuan untuk mendapatkan satu hadist saja. Bagaimana dengan kita yang telah mendapatkan kemudahan dalam menuntut ilmu dengan adanya teknologi? Semoga Allah selalu mudahkan kita dalam menuntut ilmu.

Referensi:

  • Ustadz M. Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. - Mahasantri, Penerbit Rumaysho (2018)

Ketika kita terkena musibah atau dizholimi

Allahumma, la ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin

Solve all your problems using Ayat E Kareema ( Reciting Tasbi E Yunus 125000 times)

In the name of Allah the Most Beneficent, The most Merciful ! The famous dua which is known as Tasbi E Yunus – La ilaha illa anta, Subhanaka, Inni kuntu minaz-zalimin (There is none worthy of Worship besides You, You are far exalted and above all weaknesses, Surely, I’ am from among the wrongdoers) that was recited by Hazrat Yunus AS inside the belly of the fish/whale is described in Surah Al-Anbiya (21) verses 87 and 88 as follows: “And remember Zun-nun, when he departed in wrath: He imagined that We had no power over him! But he cried through the depths of darkness, There is no god but thou: glory to thee: I was indeed wrong! So We listened to him: and delivered him from distress: and thus do We deliver those who have faith.”[21: 87-88]

Word of Caution: Many people recite Tasbi Yunus incorrectly as “Inni kuntum” instead of “Inni kuntu”.

Incorrect: La ilaha illa anta, Subhanaka, Inni kuntum minaz-zalimin

Correct: La ilaha illa anta, Subhanaka, Inni kuntu minaz-zalimin