- secara pribadi anda harus memiliki perencanaan untuk memiliki pengetahuan keuangan. sebab memiliki uang adalah kekuatan dan anda jangan menggantungkan kebebasan keuangan anda kepada orang lain atau sengaja meninggalkan kebebasan keuangan.

- kebiasaan mengatur keuangan lebih penting daripada jumlah uang itu sendiri.- Pertanyaan untuk direnungi. apakah tujuan hidup anda? apakah modal dalam kehidupan anda? Mengapa anda pergi bekerja tiap pagi? mengapa anda hidup dan untuk siapakah anda hidup? mengapa beberapa orang dapat mencapai keberhasilan ? mengapa mereka hidup bahafia dan mwndapatkan jabatan bagus? mengapa mereka hidup sesuai dengan yang mereka inginkan dan menikmati kesenangan di dunia yang dihalalkan allah? mengapa ada orang yang merasan hal tersebut dan ada yang tidak? dimanakah posisi anda sekarang?

- kebodohan tidak menjadikan anda malu, tetapi enggan untuk belajar yang bisa membuat anda malu- definisi kekayaan menurut larbe d frank adalah sejumlah uang yang anda tabung untuk memenuhi hidup anda setelah berhenti dari kerja / masa tua.

- kekayaan adalah sesuatu yang lebih dari arus keuangan yaitu piring aset lebih berat daripada pengeluaran dan liabilitas

- Guna mewujudkan kebebasan finansial dibutuhkan percaya diri, visi yang jelas dan memiliki filsafat keuangan yang mendukung tercapainya kebebasan finansial.

- Kebebasan finansial adalah ketika anda memiliki harta yang cukup untuk memenuhi gaya hidup pilihan anda tanpa anda harus bekerja mencari tambahan penghasilan.

- Keraguan dan berandai andai dapat menghilangkan kesempatan. Betapa banyak kesempatan yang berlalu begitu saja ketika anda ragu dalam melakukannya sehingga anda akan berada dalam kegagalan.

- Kebiasaan-kebiasan orang sukses sbb

1. melakukan beberapa hal yang tidak ia sukai, maksudnya melakukan hal yang dituntut untuk menyampaikannya ke suatu tujuan meskipun hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak disukainya.

2. setiap hari membaca buku dari berbagai bidang ilmu dan pengetahuan, khususnya ilmu yang bisa mengantarkannya ke tujuannya.

3. selalu melemparkan pertanyaan kepada diri mereka sendiri.

4. memiliki keinginan dan tekad kuat serta kepercayaan diri yang bisa membawanya dari ide positif pada pengetahuan positif dan dari angan-angan pada pengalaman.

- hal tentang waktu

1. waktu sudah tetap, tidak mungkin anda menambahkan atau menguranginya, oleh karena itu, waktu akan berlalu dan tidak mungkin mengubahnya

2. Anda dapat menentukan kualitas hidup anda dengan memanfaatkan waktu dalam hidup anda.

3. anda dapat mengekspresikan nilai dan kepercayaan anda yang hakiki dengan memanfaatkan waktu anda

4. selama hidup anda akan terikat dengan rantai waktu sesuai dengan yang anda hasilkan dalam hidup

5. waktu tidak dapat berhenti dan terus berjalan. anda sendiri yang dapat menentukan untuk apa waktu anda yang terus berjalan tersebut. dengan itulah anda membangun masa depan anda.

- Waktu adalah suatu unsur yang sangat penting dan berharga yang anda miliki untuk mengukur kekayaan anda.

- waktu adalah unsur yang sangat berharga di dalam kehidupan orang2 sukses bahkan waktu adalah barang yang sangat mahal nilainya.

- memaksimalkan waktu

1. Orang sukses menjaga waktu yang mereka miliki sehingga mereka tidak membiarkan waktu berlalu tanpa ada manfaat.

2. Mereka menjaga waktu dari turut campur orang lain. lebih dari itu mereka memperhatikan pekerjaan dan hasil yang mereka peroleh. mereka mengetahui bahwa pemikiran akan menghasilkan perasaan. kemudian, perasaan akan membawanya untuk melakukan tindakan dan dari tindakan itulah akan menjadi hasil.

3. Orang-orang sukses memanfaatkan waktunya dengan ritme kerja harian mereka sesuai dengan pekerjaan yang paling diprioritaskan. mereka selalu memprioritaskan pekerjaan yang paling penting dan tidak akan berpindah ke pekerjaan lainnya sebelum pekerjaan satunya selesai.

4. Orang sukses mengetahui bahwa berandai-andai dan menunda pekerjaan yang dapat dikerjakan hari ini sampai esok hari dapat mencuri kesempatan.

- 10% dari kehidupan anda merupakan hasil kejadian dari orang lain. sisanya 90% dari kehidupan anda merupakan hasil dari reaksi anda terhadap sesuatu yang terjadi terhadap diri anda sendiri bukan dari orang lain.

- Mencapai kebebasan finansial dan bebas dari belenggu budak gaji membutuhkan pengembangan diri dalam segala segi, salah satunya adalah dari segi keuangan.

- seseorang yang tidak komitmen pada langkah pertama, ia tidak akan sampai pada tahapan berikutnya.- Untuk mencapai target dibutuhkan peningkatan diri, keahlian kaidah 30% & 70%.

- Beruntunglah yang ngambil pelajaran dari pengalaman orang lain

- Hari yang telah berlalu jadikanlah sebuah pelajaran dan buatlah perencanaan untuk hari esok.

- Untuk mencapai suatu keinginan anda membutuhkan kontinuitas dan konsistensi tanpa ragu.

- Selamatkan diri anda, anda membelanjakan seluruh gaji anda untuk kebutuhan konsumtif bagi diri anda dan keluarga, itu artinya anda telah melupakan diri anda sendiri. seharusnya anda mulai memberikannya kepada diri anda selanjutnya kepada keluarga anda.

- Keputusan buruk adalah ketika anda mengatakan tidak untuk kesempatan kesuksesan memiliki konsekuensi, orang sukses memiliki sifat berani mengambil keputusan. mereka adalah orang yang berdisiplin yang memiliki nilai dan kepercayaan serta memiliki keberanian dalam keputusan.

- Carilah konsultan, murid yang mengagumi gurunya akan mencapai hasil pelajaran dari perjalanan sang guru dan akan menghormati, mengagumi pengalaman dan ilmunya tanpa batas.

- Guru yang baik tidak hanya melegakan dahaga anda tapi ia juga akan membuat anda kehausan sehingga anda terus bertanya.

- Apakah jaminan terbaik untuk masa depan? jaminan terbaik adalah menyempurnakan pekerjaan hari ini.

- Kepercayaan diri adalah penggerak yang melejitkan anda dari keadaan anda saat ini pada tujuan dan cita-cita anda di masa depan.

- Untuk mencapai kebebasan finansial anda harus menjadikan sebagian pendapatan anda menjadi modal kemudian modal tersebut anda jadikan usaha.

- Ingatlah ada perbedaan besar antara menciptakan keadaan dan yang menunggu keadaan.- Bercakap dengan seorang bijak dalam satu pertemuan sama seperti mempelajari satu buku selama satu bulan.

- Perjalan anda akan terbentuk di saat anda ambil keputusan.