Pertemuan ke 2

Sangat disayangkan ketika memberi info ada materi baru itu saat zoom dimulai, saya juga jadi telat baca dan mendengar kajiannya.

(Listening) Catatan Saya

Ada minimum umur untuk menyembelih qurban, untuk unta min 5 tahun, Sapi min 2 tahun, Kambing min 1 tahun. Syarat untuk qurban gabungan adalah untuk sapi itu 7 orang dan kambing 1 orang. Untuk menyembelih qurban pasti ada syarat bebas dari cacat / aib dan hewan qurban yang sah adalah dibeli dengan benar.

Ada 4 tipe cacat
- Picek matanya, tidak bisa lihat
- Sakit parah
- Pincang kakinya
- Lanjut usia

Waktu untuk menyembelih adalah usai sholat idul adha dan paling utama pada tanggal 10, sembelih pada malam hari juga boleh dan tentunya di tanah yang lapang. Ketika sembelih berbaiklah kepada hewannya, jangan ditendang2 atau memaki2, tajamkan pisaunya, jauhkan hewan2 lain ketika sembelih (karena hewan juga punya perasaan) dan tidak lupa untuk membaca bismillah.

Pertanyaan : Ketika patungan untuk beli sapi dan masing2 sapi harganya berbeda yaitu satu 22jt dan satu 20 jt. Sisanya sebaiknya gmn?
Jawaban : ketika patungan dengan masing2 3jt, dan sapinya berharga 22jt berarti panitia harus meminta kekurangan untuk menambah kekurangan dari masing2 yang patungan. ketika patungan dengan masing2 3jt, dan sapinya berharga 20jt berarti panitia harus membalikan uang sisanya ke masing2 orang yang patungan itu.

Pertanyaan : Yang mana yang harus didahulukan Aqiqah atau qurban ?
Jawaban : Untuk yang bercukupan 2 2nya kalo untuk yang tidak bercukupan kalo bisa qurban karena waktunya terbatas.

Pertanyaan : Hutang untuk berqurban ? tidak perlu, yang wajib adalah ketika kita punya tabungan dengan nilai qurban dan tidak menggangu pengeluaran lain maka berqurbanlah.

Update : 19 Juli 2020 - (Listening) Materi 2 - Penghalang pertama menuntut ilmu bukan karena Allah

  • Bukan karena Allah, Contoh : Ingin dinilai ornag akan lebih merusak daripada memperbaiki, hanya setiap amal bergantung pada niat, setiap orang hanya memperoleh balasan sesuai dengan niatnya.
  • Hijrah Allah dan rasul maka hijrah untuk Allah dan Rasul, jika hijrahnya untuk dunia yang ingin di raih atau wanita maka hijrahnya kepada apa yang diniatkannya.
  • Siapa yang orang cita-cita hanya 1 cita-cita yaitu akhirat maka Allah akan memberi kecukupan kepada dia terhadap kepentingan dunianya, jika cita-citanya macam beragam dan duniawi maka Allah tak akan peduli.
  • Memperbaiki niat selalu berupaya meluruskan dan menjaga dari kerusakan.
  • Ilmu keutamaannya baru bisa di raih jika diniatkan secara ikhlas hanya untuk allah meraih wajahnya, selain itu tidak ada keutamaan dalam ilmu tersebut.

Update : 23 Juli 2020 - Ujian Pertemuan 02 - Penghalang Pertama Bagian 1

  1. Apa yang dimaksud dengan syariroh?
    perkara-perkara yang sifatnya Sirri, yaitu bathin atau jiwa kita yang sifatnya tersembunyi dari pandangan manusia
  2. Allah jika tidak diminta maka Allah akan …
    marah
  3. Sedikitnya ilmu akan menjadi banyak jika disertai dengan ….
    ketakwaan
  4. Apakah yang menjadi sebab bisa meraih keutamaan ilmu?
    meniatkan secara ikhlas hanya untuk meraih wajah Allah

Nomor 3 saya pilih keikhlasan, dimana adalah salah, ini kyknya karena saya terlalu banyak mendengar kata ikhlas di audio listeningnya.


Pertemuan ke 3

Update 29 Juli 2020 - Hinanya menuntut ilmu karena dunia dan balasannya (Listening)

Syarat diterimanya amal itu ikhlas, Jika mencari atau mengajar wajib di landasi dengan ikhlas, jika niatnya tidak untuk Allah maka dia telah bermaksiat kepada Allah. Ilmu jika mencari akhirat maka dia dapat akhirat dan ilmu, jika mencari lmu untuk duniawi maka dia akan dapat sebagian dari ilmunya.

Ilmu syari mesti dipelajari karena Allah tapi kalau mencari ilmu dan keuntungannya, maka tidak akan dapat mencium wangi surga. Allah menjadikan ilmu yang diberikan orang yang tidak ikhlas alasan untuk membinasakan dia, Jangan kau tertipu banyak orang-orang yang ambil ilmu ingin keuntungan duniawi dan tidak ikhlas karena Allah, jangan kamu tertipu kepada orang yang banyak ilmunya, shalat serta dengan niat ria itu maksiat, pelakunya fajir.

Pentingnya ketakwaan dalam menuntut ilmu

Ketika mengajar selalu diselipkan perkataan "bertaqwalah km kepada Allah" ilmunya akan banyak tapi sebaliknya akan menjadi sedikit.

  1. Siapa orang yang memperbagus sarurah Allah akan memperbagus alamiahnya. Sariroh yang sifatnya sirih, bati, hati, jiwa
  2. Yang memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, shalatnya, doa, niat, ikhlasnya akan juga memperbaiki hubungan dengan orang lain. Astajiblakum.
    Rahman - apabila diminta maka dia akan mencintai
    Rahim - apabila tidak meminta maka dia akan marah,
    Makanya memintalah kepada Allah
  3. Siapa yang memperbaiki akhirat maka allah akan memperbaiki urusan duniawinya.

Materi 05 - Penghalang Pertama… Tapi Ilmu Itu Memalingkan Kami Kepada Akhirat

Ilmu awalnya nat, harus lurus, fondasi, istimaq, Istimaq mendengar niat bener ingin menyimak

  1. Niat
  2. Mendengarkan
  3. Memahami
  4. Menghapal
  5. mengajarkan / mendakwakan
  6. Ttsumanashr

  1. Barokah dari ilmu yang dapat hati menuntun dia ke arah yang benar.
  2. Niat itu datang setelah mempelajarinya
  3. Ilmu tidak karena Allah maka ilmu itu tidak datang kepadanya.

Materi 6 - Penjelasan Adz Dzahabi tentang perkataan, ilmu itu enggan mendatangi sehingga niatnya murni karena Allah.

Suka terhadap ilmu, belum tau tentang ikhlas, ketika tau dia instropeksi, ilmu mengajarkan dia untuk takut buruknya mencari ilmu lalu dia tobat karena punya niat seperti itu (keliru) dia tidak menuntut hak hak dari orang ilmu, tidak mau di puji, hormati, dia mengurangi berdebat dengan orang, niat memperbanyak ilmu, ilmu itu untuk memperbaiki diri bukan untuk berdebat, eksistensi diri banyak mencela kekurangan dalam hal memahami dan mengamalkan bukan untuk mengorek kekurangan orang lain dengan ilmunya.

Ilmu menuntun dia untuk memperbaiki niat akhirnya jadi alim dan dapat kedudukan dan harta.

Materi 7 - Penghalang pertama - keikhlasan adalah penolong terbesar dalam menuntut ilmu

Harus 100% dan bukan 99% untuk Allah jika mencari ilmu. Siapa orang yang mempelari ilmu hadis bukan karena Allah maka dia telah berbuat makar dengan ilmu hadisnya tersebut. Ilmu itu dibangun diatas amalan artinya diamalkan ilmu akan makin dipahami, amalan dibangun diatas keikhlasan, akan mewariskan ilmu dari Allah karena keikhlasannya.

Siapa yang mencari ilmu untuk mencari wajah Allah, Allah akan memberikan ilmu yang mencukupinya, keikhlasan adalah faktor untuk memahami ilmu.

Materi 8 - Penghalang pertama - Bantahan terhadap pendapat - beramal bisa mendatangkan ilmu tanpa harus belajar

Jika kalian saling pinjam meminjam maka catatlah. Ilmu Laduni - bertakwalah kamu maka Allah akan memberikanmu ilmu tanpa harus belajar. Jadi mereka tidak belajar terus wirid dan mereka kuat, mereka meyakini ilmu akan di dapat. Interpretasi atas ayat ini keliru, berdasarkan "Nahu" ahli grammar, taqwa tanpa belajar tapi dapat ilmu ini salah. Ilmu melahirkan taqwa, tidak bisa orang bertaqwa jika tidak berilmu, taqwa melaksanakan perintah menjauhi semua larangannya.