Tips untuk merawat laptop

Akhirnya dapat laptop baru untuk kerja, mari sekalian belajar agar bersih dan merawat laptop.

1. Jauhkan cairan dari laptop anda. Bisa dari minuman kopi, soda, air atau cairan lain di dekat laptop anda, kecelakaan bisa saja terjadi dengan mudah. Cairan tumpah dapat merusak komponen internal atau menyebabkan kerusakan listrik pada laptop. Arus pendek dapat merusak data atau bahkan secara permanen merusak isi laptop. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman dari laptop anda. Walaupun anda hati-hati, bisa saja orang lain yang ceroboh dan tidak hati-hati. Untuk ini sebaiknya menggunakan cangkir dengan penutup di atasnya, sehingga bahkan jika terjatuh, airnya tidak tumpah!

2. Jauhi makanan dari laptop anda. Sisa makanan bisa saja jatuh di antara keyboard, akan mempengaruhi kinerja keyboard.

3. Jika memakai laptop kalau bisa tangannya bersih dari minyak dan cairan-carian yang lain. Tangan yang bersih akan membuat lebih mudah untuk menggunakan touchpad laptop dan akan ada lebih sedikit risiko meninggalkan kotoran dan noda lainnya pada laptop. Selain itu, jika membersihkan tangan sebelum digunakan akan juga membantu mengurangi penipisan pada  lapisan dari laptop bisa disebabkan oleh keringat dan partikel kecil.

4. Melindungi layar LCD monitor. Ketika menutup laptop, pastikan tidak ada barang kecil yang ditinggalkan, seperti pensil atau earphone . Ini dapat merusak tampilan layar ketika ditutup, layar akan tergores jika barang tersebut kasar. Tutup penutup lembut dan menahan dari tengah. Menutup tutup dengan hanya menggunakan satu sisi menyebabkan tekanan pada engsel itu, dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan ia menekuk dan jepret.

5. Pegang dan angkat komputer dari bawah, bukan pada layar LCD.  Jika di angkat bagian layar saja, akan merusak tampilan atau engselnya. Layar juga mudah tergores atau rusak oleh tekanan langsung – hindari menempatkan tekanan di atasnya.

6. Jangan tarik kabel listrik. Menarik kabel listrik keluar dari stopkontak  dan menarik dapat merusak  soket listrik. Jika memiliki colokan dekat kaki , hindari.

7. Jangan sampai ada roda kursi melindasi kabel komputer. Tempelkan kabel ke meja dengan tape atau benang khusus yang dapat dengan mudah dibatalkan ketika anda telah selesai menggunakan laptop. Sebisa mungkin untuk menyimpan sebagian besar kabel dari lantai atau kaki, kadang-kadang lagi asik dan lupa bahwa ada kabel.

8. Masukkan flashdisk atau external Harddisk ke slot dengan hati-hati dan pada sudut yang benar. Mencolok dengan salah ke dalam socket, atau miring, atau bahkan terbalik bisa tersangkut itu.

9. Periksa apakah label yang ditempelkan aman sebelum memasukkan media ke dalam laptop.

10 . Ketika membawa laptop dalam ruangan sewaktu musim dingin, jangan langsung di hidupkan. Biarkan hangat sesuaikan dengan suhu kamar . Ini akan menghindari potensi kerusakan pada hard disk dari kerusakan dalam mesin. Hindari panas dari sinar matahari juga.

11. Jangan meninggalkan laptop di dalam mobil. Mobil sering mengalami perubahan suhu yang besar yang dapat merusak laptop dan juga laptop adalah target yang pencuri jika di biarkan di mobil.

12. Sebaiknya laptop dibersihkan setahun sekali untuk menghilangkan debu internal. Ini dapat dilakukan oleh seorang profesional komputer. Jika debu menumpuk, sistem tidak dapat mendinginkan diri dengan benar. Panas dapat merusak motherboard.

13. Hindari bahan berat, seperti buku, di atas laptop atau keyboard.Hal ini dapat mendorong layar LCD ke keyboard, dan akhirnya akan rusak. Juga, jangan masukkan CD-ROM jika mati itu akan tertekan dan akhirnya akan pecah.

14. Memakai tas laptop untuk menghindari terjatuh atau terbentur akan sangat mengurangi resiko kerusakan.

15. Jika menggunakan laptop , cari tempat yang memiliki sirkulasi udara yang stabil. Banyak orang merusak laptop mereka dengan sering memakai dalam ruangan tertutup dan akan membuat laptop terlalu panas.

16. Gunakan sikat gigi yang tidak dipakai lagi untuk membersihkan exhaust fan. aliran udara yang kurang akan kemungkinan terjadi overheating.

17. Jangan menggunakan laptop di tempat tidur. Pemakaian laptop di tempat tidur akan menyebabkan kipas untuk menyedot debu dan kotoran pada tempat tidur, akhirnya akan memblokir kipas angin.

TIPS

* Catatlah data laptop , seperti nomor seri,  produksi dan model sehingga jika ada pencurian bisa langsung di lapor.
* Pasanglah nama, e-mail, HP atau rincian kontak lainnya pada laptop, powercord dan setiap bagian removable lainnya.
* Jauhkan laptop anda dari anak-anak kecil usia 4 dan bawah.
* Tekan tombol dengan lembut sehingga mereka tidak terkelupas.

PERINGATAN

* Hindari meletakkan laptop di atas karpet. Ventilasi udara di bagian belakang laptop masuk dan keluar tidak akan berjalan dengan baik dan akan mengakibatkan overheating.
* Jika tidak menggunakan laptop selama dua jam berikutnya, lebih baik menutupnya. Energi yang dibutuhkan untuk memulai itu jauh lebih rendah daripada energi yang diperlukan jika laptop berjalan terus menerus.